resep herbal penyakit beri beri

Ini Dia Resep Herbal Penyakit Beri Beri

Penyakit beri beri merupakan penyakit hipovitamin. Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin B1 atau Tiamin. Beri beri menyerang sistem saraf dan peredaran darah hingga memicu masalah edema hingga kelumpuhan. Dan resep herbal penyakit beri beri ini bisa menjadi alternatif untuk membantu menyembuhkan keluhan yang Anda hadapi.

Mengenali Penyakit Beri Beri

Penyakit beri beri sebagaimana dijelaskan di atas merupakan penyakit yang berasal dari efek tubuh kekurangan asupan vitamin B1 atau Tiamin. Vitamin ini berperan besar dalam menjaga kondisi otot tubuh, membantu menjaga retensi air tetap normal, sebagai stimulus penting pada otot jantung, sebagai stimulus penting pada fungsi saraf tepi dan terakhir berperan penting pada fungsi metabolisme tubuh serta imunitas.

Begitu banyak peran vitamin B1 dalam tubuh, sehingga ketika tubuh kekurangan vitamin B1, tubuh akan mengalami sejumlah gangguan fungsi. Biasanya, penderita beri beri memiliki gejala awal berupa mudahnya merasa kesemutan, pegal linu tanpa alasan dan efek kebas yang kerap muncul.

Kemudian pasien mungkin mengalami masalah edema, dimana kaki akan menyimpan air lebih dari seharusnya. Menyebabkan kaki membengkak dan tidak bingkas saat ditekan. Ini juga terkait dengan fungsi jantung yang tidak bekerja optimal, sehingga tubuh mengalami efek retensi air berlebihan.

Pada kondisi yang lebih serius, pasien penyakit beri beri mungkin mengalami gangguan dengan sejumlah saraf motorik dan saraf non motorik. Seperti refleks yang melemah, gangguan bingung, kesulitan bicara sampai gangguan gerakan mata yang tidak terkendali.

nanas untuk beri beri

Terapi Resep Herbal Penyakit Beri Beri

Untuk membantu mengatasi keluhan di atas, sebenarnya kunci utamanya adalah dengan memberikan asupan vitamin B1 pada pasien. Dengan mengembalikan kadar vitamin B1 ke kadar normal, keluhan dapat berangsur membaik.

Namun, kadang Anda memerlukan terapi tambahan yang membantu mempercepat proses penyembuhan dengan terapi yang berpusat pada gejala yang muncul. Terapi yang bekerja sebagai stimulus pada fungsi saraf, memperbaiki masalah retensi air dan masalah gangguan fungsi otot tadi.

Dan 2 macam resep herbal penyakit beri beri ini bisa menjadi alternatif solusi untuk keluhan tersebut. Adapun resep herbal penyakit beri beri tersebut adalah sebagai berikut.

Resep dengan bahan sangitan

Sangitan atau Sambucus javanica merupakan jenis tanaman obat yang seluruh bagian tanamannya baik untuk pengobatan herbal. Dalam sangitan terkandung unsur senyawa baik seperti asam ursolik, flavonoid, beta sitosterol, minyak esensial, terpenoid, tannin, dan alfa amyrin palmitat.

Dan terbukti terapi dengan daun sangitan akan membantu meningkatkan kadar vitamin B1 dalam tubuh. Selain daun sangitan memiliki efek sangat baik terhadap retensi air karena fungsinya sebagai diuretic. Juga memiliki efek baik terhadap fungsi saraf dan otot.

Anda bisa manfaatkan daun berikut dengan akar dan batangnya untuk Anda rebus dalam air sebanyak 3 gelas sampai kemudian tersisa 1 gelas. Setelahnya Anda saring, dinginkan dan konsumsi sekaligus pagi hari sebelum beraktivitas. Lakukan berulang sampai pembengkakan kaki hilang dan efek kesemutan tidak lagi kerap muncul.

Resep dengan buah nanas

Buah nanas lebih dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Namun, vitamin B1 dalam buah nanas sebenarnya juga tinggi. Dalam buah nanas terkandung sejumlah mineral seperti magnesium, mangan, yodium dan beragam jenis vitamin B lain.

Nanas terbukti memiliki pengaruh baik dalam meningkatkan kadar vitamin B1 dalam tubuh, merawat fungsi saraf dengan lebih efektif dan memiliki efek baik terhadap fungsi otot.

Anda bisa mengonsumsi nanas secara langsung atau dengan memblendernya menjadi jus. Pengolahan sederhana ini sudah sangat efektif sebagai resep herbal penyakit beri beri dan manjur membantu mempercepat penyembuhan.

Related Posts