Proses Bikin Kopi Tanpa Ribet dengan Mesin Kopi Otomatis

Proses Bikin Kopi Tanpa Ribet dengan Mesin Kopi Otomatis

Bagi pecinta kopi, rasa nikmat menjadi daya tarik dari kopi. Selain itu, pecinta kopi juga suka dalam seni membuat kopi. Memiliki alat kopi sendiri atau menjadi barista tersendiri bisa menjadi opsi untuk menikmati kopi nikmat di rumah. Alat yang bisa Anda gunakan untuk membuat kopi tanpa ribet adalah dengan mesin kopi otomatis.

Proses Membuat Kopi Menggunakan Mesin Kopi Otomatis

Mesin kopi otomatis tentunya tentunya berbeda dengan mesin kopi manual. Mesin kopi otomatis mengurangi risiko kesalahan umum barista. Kelebihan dari mesin kopi otomatis adalah penyesuain tekanan air saat proses ekstraksi secara otomatis. Berikut tips menggunakan mesin kopi otomatis.

1. Bersihkan Mesin Kopi Otomatis

Setiap kali menggunakan mesin ini, Anda harus memastikan bahwa alat yang Anda gunakan bersih dan kering. Pertama cuci alatnya karena jika ada debu yang menempel akan mengganggu cita rasa dari kopi. Setelah dicuci, pastika juga alat tersebut kering.

2. Masukkan Biji Kopi ke dalam Coffee Bean Tank

Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu biji kopi yang ingin Anda buat. Bisa biji kopi robusta maupun arabika. Masukan biji kopi secukupnya ke coffee bean tank yang akan digiling menjadi bubuk ketika masuk ke corong brewing.

3. Proses brewing

Dalam proses ini kopi akan diubah bentuknya dari biji menjadi bubuk. Serpihan bubuk yang berlebihan akan masuk ke dreg plate. Jadi takaran kopi akan pas karena sesuai dengan takarannya. Air kemudian akan terambil dan diisikan ke water tank kemudian dipanaskan. Air panas ini akan dialirkan secara cepat ke brewing unit melalui pipa internal sehingga melalui bubuk kopi saat proses ekstraksi.

4. Proses Ekstraksi

Selanjutnya, hasil ekstraksi kopi melalui coffee spout akan jatuh ke cangkir kopi pada bagian luar mesin, sedangkan ampas bubuk kopi jatuh ke dregdrawer pada bagian dalam mesin kopi. Jadi, kopi dan ampasnya sudah terpisah. Dan kopi yang sudah diekstrak bisa Anda tambahkan topping, cream atau susu UHT.

Perawatan Mesin Kopi Otomatis

Mesin Kopi otomatis harus selalu dibersihkan. Anda juga perlu membersihkan bagian internal dan aliran pipa untuk memastikan tidak ada kotoran atau sisa yang mengendap. Dalam membersihkan komponen mesin kopi pun jangan direndam. Cara membersihkan alat kopi otomatis harus sesuai dengan petunjuk teknis.

Ketika indikator muncul di layar, Anda juga harus membersihkan dregdrawer dan dreg plate untuk memastikan tidak ada sisa kopi. Selain bagian mesin kopi, Anda juga perlu membersihkan daerah sekitar mesin kopi.

Jadi, tidak ribet kan membuat kopi dengan mesin kopi otomatis. Jadi, Anda bisa menyeduh kopi dalam rumah dengan alat tersebut. Dengan alat tersebut Anda juga dapat berkreasi sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba.

Related Posts