Porsi Cemilan Sehat Untuk Anak Balita Tiap Hari

Porsi Cemilan Sehat Untuk Anak Balita Tiap Hari

Ada 2 jenis makanan yang perlu dikonsumsi oleh anak-anak. Yaitu makanan utama atau pokok dan makanan sampingan atau cemilan. Sebetulnya, tidak hanya bagi anak-anak, bagi orang dewasa pun perlu 2 jenis makanan ini.

Seperti yang telah diketahui, manusia dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pokok 3 kali sehari, baik anak-anak maupun dewasa. Terbagi menjadi 3 waktu, yaitu pagi, siang, dan malam. Itu merupakan waktu yang ideal untuk mengonsumsi makanan pokok.

Namun, di samping makanan pokok, telah disebutkan di atas bahwa adapula makanan cemilan atau sampingan. Pasti yang ada dibenak kalian makanan cemilan itu adalah jajan, makanan ringan, atau ciki-ciki yang ada di warung. Di sini yang dimaksud makanan cemilan bukanlah seperti itu.

Makanan cemilan yang dimaksud untuk mendukung tumbuh kembang anak adalah makanan sehat bernutrisi yang sangat baik dikonsumsi disamping makanan utama. Maka dari itu, para orang tua hendaknya menyediakan cemilan sehat untuk anak.

Bagaimana Porsi Cemilan Sehat yang Tepat untuk Anak Balita?

Terkadang, para orang tua bingung ketika ingin memberikan cemilan pada anaknya. Apakah waktunya sudah tepat? Apakah intensitasnya tepat? Seberapa banyak yang harus diberikan?

1. Waktu Pemberian Cemilan pada Anak

Sebaiknya, orang tua memberikan cemilan saat perut anak kosong, namun belum waktunya makan makanan pokok. Makanan cemilan tersebut berfungsi sebagai penahan lapar sementara.

Pemberian makanan cemilan, juga sebaiknya diberikan jarak dengan waktu makan makanan pokok. Idealnya adalah 2 jam sebelum waktu makan. Waktu tersebut memungkinkan tubuh anak mencerna terlebih dahulu cemilan tersebut. Sehingga pada saat tiba waktu makan makanan pokok, nafsu makan anak akan meningkat dan menghabiskan makanan tersebut

2. Porsi yang Tepat bagi Anak

Pemberian asupan makanan memang berbeda-beda bagi tiap anak. Tergantung dari usia, jenis kelamin, juga keaktifan anak. Porsi ideal makanan yang harus dikonsumsi oleh anak berada di rentang 1.125 kalori sampai 1500 kalori. Porsi tersebut adalah porsi keseluruhan makanan yang dikonsumsi oleh anak setiap harinya, baik cemilan maupun makanan pokok.

Tinggal atur agar anak mengonsumsi makanan sejumlah tersebut. Jangan kurang dan jangan berlebihan. Apabila kurang bisa berisiko kekurangan gizi dan apabila kelebihan berpotensi mengakibatkan obesitas. Jadi, harus diperhatikan dengan teliti jumlah makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, makanan juga harus sehat, seperti buah, susu, sayur, ikan, dan lain sebagainya.

Itulah, sedikit pengetahuan mengenai porsi cemilan sehat yang harus diperhatikan. Tidak boleh memberikan sembarang cemilan bagi anak, semuanya harus diusahakan bergizi dan mengandung vitamin tinggi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Variasikan pula makanan yang diberikan pada anak, agar anak tidak mudah bosan dan selalu bergairah untuk makan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para orang tua di rumah.