gambar unggulan

Perawatan Penting Untuk Bibit Ikan Gabus

Jenis ikan satu ini sudah sangat tidak asing lagi ditelinga, karena memang habitatnya yang banyak ditemukan di seluruh pelosok Indonesia.

Hewan air yang memiliki peringkat ketiga dalam rantai makanan ini merupakan predator yang hidup di air tawar yang mengalir maupun menggenang. Tidak hanya dikonsumsi untuk makanan sehari-hari, namun budidaya bibit ikan gabus saat ini sedang naik daun.

Orang awam pasti masih mempertanyakan banyak hal tentang budidaya ikan gabus tersebut. Terutama dari segi perawatan, karena jenis ikan satu ini tidak seperti ikan biasa yang hanya cukup memerlukan kolam dengan air saja.

Cara Perawatan Bibit Ikan Gabus

Berbeda dengan bibit ikan air tawar lainnya, ikan dengan nama ilmiah Channa striata ini perlu perawatan yang sedikit berbeda.

Media Lumpur atau Pasir

Hal pertama yang membuat budidaya ikan jenis ini dapat berbeda, adalah habitat dari ikan itu sendiri yang perlu adanya sebuah pasir untuk dasar kolam. Secara kasat mata, ikan gabus ini dapat dengan mudah ditemukan di daerah rawa atau sungai besar dengan dasar pasir atau lumpur.

bibit ikan gabus

Alasan itulah yang menyebabkan para pelaku budidaya bibit ikan gabus harus memberikan beberapa liter pasir khusus untuk pengisian dasar kolam yang digunakan.

Selain untuk adaptasi sang ikan di tempat barunya, pasir pada bagian dasar kolam juga berfungsi untuk menyaring kotoran yang disebabkan oleh sisa makanan.

Pemberian Pakan

Tidak hanya itu, saat usia bibit ikan masih sangat kecil, pemberian pakan sebaiknya dilakukan atau dijadwalkan secara rutin dengan waktu yang pas.

Karena jika pemberian pakan absen satu hari atau bahkan beberapa jam saja, ikan yang lebih kuat akan memangsa ikan lain yang lemah.

Kamu bisa menggunakan pelet sebagai pakan ikan, atau jika sekitar kolam dekat dengan area sawah, kamu bisa mencari keong kemudian dihancurkan untuk pengganti pakan.

Walaupun terdengar cukup sulit untuk melakukan perawatan bibit ikan gabus untuk dibudidayakan, alangkah baiknya jika kamu mencobanya terlebih dahulu. Jika sudah memahami serta mengerti setiap detail dari perawatan ikan satu ini, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Related Posts