gambar unggulan

Panduan Utama Membuat NFT Sampai Mengatur Penjualan Agar Mendapatkan Uang

NFT Game: Pengertian, Sistem, dan Serba-serbinya
ggwp.id

Mungkin semakin banyak orang yang tertarik untuk masuk dunia NFT dan ingin tahu bagaimana cara membuat nft tersebut. Non-Fungible Token ini merupakan aset digital dan cukup mirip dengan kripto.

Platform NFT sudah hadir dari sejak 2014, tetapi baru meledak sekarang-sekarang kini. NFT pada umumnya adalah karya seni dalam bentuk digital yang bisa berupa video, gambar, klip, tulisan, musik dan lain sebagainya.

NFT beda dengan kripto, dari masing-masing NFT merupakan karya yang berbeda dari karya yang lain, jadi bisa digunakan untuk kepemilikan barang. Kali ini kita akan membahas apa saja cara untuk membuat NFT tersebut dan beberapa proses di dalamnya.

  • Tentukan mana karya yang akan dijual

Langkah yang pertama yaitu kamu harus menentukan file karya yang ingin diubah menjadi produk NFT. File NFT bisa berupa lukisan, musik, gambar foto, video, GIF, meme, sebuah tweet atau bentuk karya lain sebagainya.

Dari masing-masing NFT adalah kara unik dengan hanya satu pemilik saja. Hal inilah yang mampu membuat karya NFT berharga. Kamu harus memastikan memiliki hak juga terhadap karya terkait. Kalau tidak, maka bisa saja akan terkena pelanggaran tertentu.

  • Memilih Blockchain NFT

Lalu setelah memilih karya unik, waktunya mencetak menjadi NFT. Agar merubah file untuk menjadi NFT, perlu memilih terlebih dahulu blockchain yang digunakan untuk NFT. Ada salah satu contoh blockchain yang terkenal antara para pencipta NFT yaitu Ethereum misal.

  • Menyiapkan dompet digital

Perlu juga disiapkan dompet digital agar dapat membuat NFT. Hal ini tak lepas dari keharusan kamu memiliki uang kripto agar mendanai investasi kamu di awal. Dompet digital yang terkenal misal Metamask, Alpha Wallet, Math Wallet, Trust Wallet, Coinbase Wallet atau dompet digital lain.

Setelah memilikinya, kamu harus membeli uang kripto juga. Sebagian besar platform NFT akan menerima Ethereum dan mata uang populer lain. Jika sudah mempunyai uang kripto pada tempat lain, bisa menghubungkan ke dompet digital terkait.

  • Menentukan mana pasar NFT-nya

Agar membuat NFT, perlu juga memilih pasar yang ingin digunakan untuk proses jual beli karya NFT kamu. Ada beberapa platform yang terkenal seperti Rarible, OpenSea, Foundation, Mintable, NBA Topshot, Axie Marketplace, atau Larva Labs.

Lalu sebelum memilih, perlu riset untuk menentukan yang paling pas dengan karya NFT. Beberapa pasar NFT mempunyai uang kripto tersendiri jadi harus benar-benar diperhatikan.

  • Upload file NFT

Lalu kalau sudah memilih pasar yang diinginkan, perlu menghubungkan lebih dahulu dompet digital agar dapat membayar biaya untuk pencetakan NFT serta melakukan penjualan. Pasar yang dipilih menyediakan panduan cara mengunggah NFT ke platformnya.

Selain itu, kamu bisa juga mengubah file menjadi beberapa format seperti GIF, PNG, MP3, atau jenis format file lainnya.

  • Mengatur penjualan

Berdasarkan kepada platform NFT yang dipilih, ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan untuk mulai memonetisasi NFT. Misal menjual pada status harga tetap, bisa juga melelang NFT dengan rentang waktu terbatas.

Pilihan lain yaitu melelang NFT tanpa ada batasan waktu, bisa mengakhiri lelang kapan saja kamu mau. Saat mengatur penjualan NFT, perlu menentukan berapa harga minimum, waktu lelang, royalti dan sebagainya agar terus mendapat hasil dari NFT kalau dijual pada pasar sekunder.

Proses menjual tidak berhenti sampai situ saja. Bisa berusaha lagi agar memastikan NFT terjual dengan optimal. Mulai dari promosi lewat sosmed, memakai hashtag, atau melakukan kolaborasi.

Related Posts