Makanan Anak Kucing Yang Aman Anda Berikan

Makanan Anak Kucing Yang Aman Anda Berikan

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang umum dipunya oleh orang-orang. Sifatnya yang manja, lucu serta penuh dengan rasa penasaran menjadi alasan mengapa banyak orang begitu menyukainya. Mempunyai kucing menjadi hewan peliharaan juga memerlukan rasa tanggung jawab sekaligus kewajiban untuk memberinya makanan dengan baik.

Jika jenis kucing yang Anda pelihara yaitu kucing kampung, maka makanan yang dapat diberikan terbilang cukup beragam daripada kucing jenis ras. Tetapi kalau kucing yang Anda pelihara masih anak-anak atau bernama lain kitten, otomatis harus lebih ekstra berhati-hati dalam memilih apa saja makanannya.

Macam-macam makanan untuk anak kucing

Jika Anda mempunyai jenis kucing kitten, ketahuilah makanan anak kucing yang aman dan tidak akan mempengaruhi pertumbuhan anak kucing tersebut. Adapun macam-macam makanannya antara lain :

  1. Daging

Jenis makanan untuk anak kucing kampung pertama dan bisa Anda berikan yaitu daging. Perlu Anda ingat selalu kalau kucing merupakan hewan karnivora atau pemakan daging. Karena itulah mereka perlu mendapat protein yang berasal dari daging guna mempunyai keadaan jantung kuat, sistem reproduksi sehat, maupun sistem penglihatan yang sangat baik.

Anda dapat memerikan anak kucing makanan dari daging misalnya daging ayam, daging deli tanpa lemak, daging sapi, ataupun kalkun kalau punya. Tetapi jangan sekali-kali memberikan anak kucing daging mentah apalagi sudah busuk karena bisa membahayakan kondisi kesehatannya.

  1. Gandum

Jenis makanan untuk anak kucing yang kedua dan aman untuk Anda berikan yaitu gandum. Diketahui gandum mempunyai banyak kandungan protein di setiap kalorinya bahkan mudah diolah. Tepung jagung yang Anda giling kasar mempunyai tekstur baik untuk diberikan kepada anak kucing apalagi kucing juga suka dengan jagun.

Tak hanya jagung, Anda juga bisa memberikan barley, nasi merah atau biji gandum dengan tidak lua untuk menumbuknya lebih dulu. Pastikan juga untuk memberikan biji-bijian tersebut dalam keadaan matang sehingga mudah dicerna dengan baik oleh si anak kucing.

  1. Ikan

Jenis makanan untuk anak kucing yang ketiga yaitu ikan. Tentunya ikan merupakan makanan favorit kucing jenis apapun bahkan dari rasa mana saja. Diketahui ikan mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang kaya sehingga bisa membantu penglihatan kucing tetap dalam keadaan tajam. Bukan hanya itu, ikan juga bisa membantu kucing mengatasi banyak permasalahan.

Adapun permasalahan tersebut bisa berupa radang sendi, gangguan jantung hingga penyakit ginjal yang bisa menyerang kucing peliharaan. Anda dapat memberikan ikan kepada kucing dalam bentuk makanan kaleng yang khusus untuk kucing tersebut. Selain itu bisa juga memberi ikan biasa yang sudah direbus lebih dahulu. Pastikan Anda sudah membuang duri beserta tulagnya agar ia tidak tersedak.

Pemberian makanan untuk anak kucing penting untuk Anda perhatikan supaya tidak mengganggu tumbuh kembangnya.

Related Posts