gambar unggulan

Jangan Sembarangan Membeli dan Menyimpan Pisang! Berikut Tips-tips Yang Tepat Agar Pisang Lebih Tahan Lama!

cau

Pisang adalah makanan yang cukup digemari di Indonesia, buah ini dapat dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari dimakan langsung, digoreng, kukus, atau dicampur bersama dengan bahan lain sehingga menjadi hidangan yang lezat.

Pisang mengandung banyak nutrisi, dalam 100 gram pisang terdapat kandungan air, 128 kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor , natrium dan kalium. Manfaat mengonsumsi pisang bagi kesehatan tubuh yaitu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko stroke, sebagai penambah stamina, sehat untuk kesehatan kulit dan sebagainya.

Bagi para penggemar pisang pasti sering membelinya untuk dimakan atau disimpan di rumah, untuk diolah di kemudian hari. Ada cara agar pisang yang disimpan tidak mudah rusak,busuk dan tahan lama. Apa saja caranya?

  1. Usahakan membeli pisang yang setengah matang

Tips pertama agar pisang yang dibeli lebih tahan lama adalah dengan membeli pisang yang masih dalam kondisi setengah matang. Pisang yang setengah matang berwarna kuning bersih atau kehijauan dengan sisi yang masih hijau. Dengan   membeli pisang setengah matang maka pisang memiliki waktu lebih lama untuk benar-benar matang.

 

  1. Segera keluarkan pisang dari bungkusan plastik

Setelah kalian membeli pisang, pasti akan dibungkus oleh plastik. Segera keluarkan pisang dari bungkus plastic karena pisang akan mudah lembab dan cepat membusuk.

 

  1. Jauhkan pisang dari buah-buahan lain

Pisang tidak cocok disimpan dengan buah-buahan lain, terutama buah yang mengandung gas etilen. Gas etilen ini membuat pisang menjadi cepat matang sebelum waktunya. Buah-buahan yang mengandung gas etilen diantaranya adalah alpukat, persik, tomat, apel, dan buah ara.

 

  1. Jauhkan dari berbagai sinar matahari

Pisang yang bagus mutunya yaitu permukaan kulitnya halus dan bersih, serta tidak memiliki bintik bintik hitam. Jika dibiarkan terkena sinar matahari dan udara luar maka pisang akan cepat busukoleh karena itu, sebaiknya jauhkan dari sinar matahari langsung. Simpan di dalam ruangan dengan suhu normal agar warna kulit pisang tidak berubah. Lebih baik lagi simpan di freezer

 

  1. Pisahkan pisang dari tandan atau ikatannya.

Pisahkan secara terpisah pisang dari satu tandannya, pisahkan dengan hati hati. Pisang yang terpisah lebih tahan lama ketimbang pisang yang masih dalam satu tandan.

 

  1. Cuci pisang dengan air lemon

Kamu bisa memperpanjang kematangan pisang dengan membasuh pisang dengan air lemon. Tapi jangan lupa pisang harus sudah dipisah dari tandannya. Basuh air lemon secara merata pada pisang yang sudah dipisah, rendam pisang selama sekitar 2 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

 

  1. Jaga pisang tetap sejuk

Pisang harus disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu sekitar 12 derajat celcius agar than lama. Jika disimpan di tempat yang terlalu hangat, pisang akan menjadi terlalu matang, dan lebih cepat busuk.

 

Itulah tips-tips membuat pisang menjadi tahan lama. Di Indonesia banyak sekali dijual berbagai macam pisang, dari local sampai impor. Di TaniHub, semua jenis pisang tersedia lengkap. Kualitas produk yang ditawarkan TaniHub tidak perlu diragukan lagi karena TaniHub bekerja sama dengan ratusan petani lokal sehingga semua produk dijamin kualitasnya dan kesegarannya.

 

Jadi tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Tanihub sekarang juga melalui Play Store di Android dan AppStore di iPhone anda serta ikuti perkembangan informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.

 

 

SUMBER

 

https://kitchenaries.com/how-to-keep-green-bananas-from-ripening/

http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/khasiat-dan-manfaat-pisang

https://www.popmama.com/life/home-and-living/rendy-muthaqin/cara-menyimpan-pisang-agar-lebih-tahan-lama/6

 

 

 

Related Posts