40

Fire Blanket Adalah? – Menurut Departemen Keselamatan

Dari hari ke hari, alat keselamatan terus mengalami perkembangan sehingga lebih mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Sebut saja fire blanket yang merupakan lembaran tahan api dan dapat digunakan untuk menutupi kobaran api demi memotong pasokan oksigennya.

Sesaat setelah pasokan oksigen tersebut habis, maka api akan mati dengan sendirinya. Berkat manfaatnya yang menjauhkan objek dari api, maka bisa digunakan pula untuk membungkus tubuh kita saat terjadi kebakaran dan berjalan ke luar ruangan tanpa terbakar.

Semua fire blanket manufacturer berusaha keras untuk mampu memproduksi sebuah alat keamanan yang dapat digunakan secara cepat, mudah dirawat, dan lebih murah daripada alat pemadam kebakaran.

Namun demi bisa menggunakannya secara efektif, maka kita harus berada dekat dengan api yang cenderung berbahaya.

Pasalnya, kita tak bisa melemparkan fire blanket ke arah objek yang terbakar, melainkan harus benar-benar dilakukan sambil selimut dipegang oleh tangan agar semua bagian bisa tertutupi secara sempurna.

Selain berbeda dengan tabung pemadam api, fire blanket hanya efektif digunakan untuk api yang berukuran lebih kecil daripada selimut itu sendiri.

Akan tetapi dari sisi penggunaannya cukup efektif dan efisien. Soalnya fire blanket ini mampu memotong oksigen sehingga fleksibilitas kain, koefisien termal, konduktivitas listrik, dan asap uap semuanya dapat diatasi dengan begitu mudah.

Berkat bentuknya yang fleksibel dan dapat dilipat, maka kita bisa menyimpannya di dapur tanpa harus menghabiskan banyak ruang.

Untuk mampu menggunakannya seefektif mungkin, coba ikuti tips-tips berikut ini:

  • Simpan di tempat yang mudah dijangkau saat terjadi kejadian darurat.
  • Jangan pernah menyimpannya di dalam lemari.
  • Jangan menyimpannya berdekatan dengan kompor atau pemanas, karena bisa tak efektif saat digunakan nanti.
  • Selimut api paling pas digunakan di dalam dapur dengan tingkat bahaya yang tinggi.

Dalam penggunaan fire blanket, penting untuk melindungi tangan kamu agar tidak ikut terbakar saat prosedur penyelamatan dilakukan.

Cara terpraktisnya adalah memilih fire blanket yang difituri dengan saku kecil untuk digunakan oleh tangan kita agar tetap aman saat hendak mematikan api tersebut.

Related Posts