gambar unggulan

Cara Ternak Burung Lovebird bagi Pemula yang Praktis

Burung lovebird, merupakan salah satu jenis burung yang menarik untuk diternakan. Bulunya yang berwarna cerah, dengan suaranya yang indah, menjadi salah satu daya tarik dan ciri khas dari burung dengan suara indah ini.

Maka tak heran burung lovebird, selain banyak dikompetisikan, juga menjadi salah satu jenis burung yang cocok untuk diternakan, dan menjadi salah satu jenis burung dengan potensi yang menarik, yang bisa menghasilkan rupiah yang melimpah, dengan pengembangbiakan yang baik.

Panduan Cara Ternak Burung Lovebird

Untuk Anda yang ingin menjalankan usaha ternak buung cantik ini, berikut ini panduan cara ternak burung lovebird yang sebaiknya Anda tahu. Utamanya buat Anda yang masih pemula.

Memilih Jenis Kelamin

Burung lovebird ini sendiri, merupakan salah satu jenis burung yang sulit dibedakan antara jenis kelamin betina dengan jantan. Maka sebaiknya anda bisa mencoba untuk mengenalinya dengan ciri – ciri khusus yang ada didalamnya.

cara ternak burung lovebird

Seperti misalnya betina memiliki ukuran bentuk tubuh yang lebih besar dari jantan, serta memiliki ukuran tulang panggul yang lebih lebar, sebagai tempat bertelur. Selain itu, jantan dan betina bisa dibedakan pada saat bertengger, dengan kaki betina yang lebih renggang dari kaki jantan.

Pembuatan Sangkar

Langkah cara ternak burung lovebird selanjutnya adalah pembuatan sangkar yang sesuai untuk usaha Anda. Lebih mudah memasangkan satu pasang lovebird daripada dalam satu sangkar anda mengumpulkan burung dalam jumlah yang banyak.

Maka anda bisa mengisi sangkar dengan ranting daun kering, dan juga menambah serbuk gergaji, agar burung nyaman berada disangkar, dan bisa berkembangbiak. Jangan lupa menyediakan makanan yang bisa Anda beli dari toko atau grosir pakan ternak murah yang dekat dengan lokasi Anda

Mengawinkan Burung Lovebird

Dalam hal mengawinkan burung lovebird ini sendiri, biasanya pejantan akan siap untuk kawin dengan betina pada usia sekitar 8 bulan, dan biasanya untuk betina pada usia 1 tahun.

Tempatkan mereka pada satu kandang, dan kemudian antara 3 hingga 10 hari setelah ditempatkan, biasanya perkawinan akan terjadi, dan indukan betina akan mengerami telurnya hingga 25 hari lamanya.

Demikian beberapa tahapan yang mudah sebagai panduan cara ternak burung lovebird bagi pemula yang praktis. Dengan menjalankan tahapan ini semoga akan membuat usaha Anda cepat berkembang.

Related Posts