Cara Mengajarkan Anak Menulis dan Membaca Dengan Lebih Mudah

Cara Mengajarkan Anak Menulis dan Membaca Dengan Lebih Mudah

Bisa dikatakan bahwa menulis dan membaca adalah skill dasar yang harus dikuasai anak. Hal ini cukup beralasan karena kedua skill tersebut nantinya akan menunjang karier akademik anak tersebut. Oleh karenanya, bagi orang tua, mengetahui cara mengajarkan anak menulis dan membaca adalah hal yang teramat penting.

Memang, sekilas, menulis dan membaca adalah hal yang sepele dan mudah. Namun, mengajari anak kedua skill tersebut bukanlah hal yang gampang. Bisa jadi, ada banyak drama yang akan tersaji yang terkadang bisa menguras kesabaran.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara untuk mengajarkan anak menulis dan membaca dengan lebih mudah sejak dini. Apa saja yang bisa dilakukan? Simak ulasannya!

Beberapa Cara Mengajarkan Anak Menulis dan Membaca

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak menulis dan membaca dengan lebih mudah. Adapun beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memulai dengan sikap yang positif

Ketika hendak mengajarkan anak untuk menulis dan membaca, maka mulailah dengan sikap yang positif. Artinya adalah ajari anak dengan riang gembira dan tanpa adanya tekanan.

Anak perlu mendapatkan kenyamanan ketika belajar. Dengan kenyamanan yang dimiliki, ia nantinya akan terbiasa untuk belajar menulis dan juga membaca.

  • Membangun kebiasaan yang berhubungan dengan menulis dan membaca

Agar anak terbiasa untuk menulis dan membaca, maka Anda perlu membangun kebiasaan yang berhubungan dengan hal tersebut. Ini adalah bagian dari cara mengajarkan anak menulis dan membaca yang cukup efektif karena nantinya anak secara tidak akan menyadari bahwa dirinya sedang belajar.

Salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan adalah membacakan cerita. Dalam kebiasaan ini, selain mendengarkan cerita yang dibacakan, anak juga akan belajar mengenal tulisan, mengeja dan lainnya.

  • Menggunakan peraga

Ketika mengajari anak belajar menulis dan membaca, menggunakan peraga adalah salah satu hal yang bisa dilakukan. Ini adalah konsep yang sangat membantu.

Anda bisa menggunakan blok huruf sebagai peraga. Dengan blok huruf tersebut, Anda bisa merangkai tulisan agar ditulis oleh anak ataupun dibaca.

Beberapa hal di atas adalah ragam cara yang bisa dijadikan langkah mengajari anak. Tentu saja, Anda perlu melakukannya secara bertahap dan penuh kesabaran.

Apa yang Perlu Dihindari Ketika Mengajarkan Anak

Ketika mengajarkan anak tentang menulis dan membaca, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari. Menetapkan target yang terlalu berat adalah salah satunya. Target tersebut nantinya akan menjadi beban dan membuat anak cenderung tertekan.

Selain itu, hindari pula mengajari anak secara maraton. Dalam hal ini, anak perlu istirahat dan menyesuaikan kemampuannya.

Nah, dengan cara mengajarkan anak menulis dan membaca yang tepat, tentu saja nantinya anak akan memiliki kemampuan membaca dan menulis dengan baik. Anda bisa menyimak beragam video dari kalangan expert untuk menemukan langkah yang tepat untuk mengajarinya.