Cara Konsumsi Buah Merah

Cara Konsumsi Buah Merah Dengan Tepat Dan Sehat

Tidak banyak orang yang familier dengan buah merah. Ini memang buah asli dari kawasan Paua. Dan karenanya tidak mudah Anda temukan di kawasan luar dari pedalaman Papua. Sehingga tidak banyak pula orang cukup paham bagaimana cara konsumsi buah merah dengan tepat dan sehat. Berikut gambarannya merujuk dari laman herbal dan kesehatan deherba.com.

Buah merah kaya akan khasiat, baik untuk kesehatan tubuh kita dan mengandung banyak unsur fitokimia berkhasiat. Hingga buah merah unggul sebagai sumber nutrisi, fitokimia dan kesehatan. Namun penting Anda harus pahami dulu, bagaimana cara mengonsumsi dan cara menemukan buah merah yang telah matang.

Apa Sebenarnya Manfaat Buah Merah?

Meski belum banyak riset yang membuka apa saja manfaat dan kandungan dalam buah merah. Namun dalam sejumlah riset terbatas ditemukan adanya potensi dari buah merah untuk darah tinggi, asam urat, diabetes, kanker, AIDS, stroke dan sejumlah potensi penyembuhan lain.

Terdapat dua unsur fitokimia yang sangat menonjol dalam buah merah, yakni tokoferol dan betakaroten. Namun sejumlah pakar masih meyakini dalam buah merah terdapat unsur unsur fitokimia bermanfaat lain yang belum sepenuhnya teridentifikasi.

manfaat buah merah

Cara Konsumsi Buah Merah Dengan Tepat

Buah merah memiliki efek yang tidak begitu mengenakan saat Anda konsumsi. Rasa lengket di tenggorokan akan muncul beserta efek mual dan eneg. Ini yang kadang membuat orang kurang nyaman mengonsumsinya.

Jadi cara konsumsi buah merah yang tepat sebaiknya adalah dengan memastikan Anda memberi jarak setidaknya 2 jam setelah makan. Supaya perut tidak penuh, dan tidak membuat dorongan mual dan muntah makin kuat.

Rekomendasi lain adalah dengan mengonsumsi buah merah setidaknya berjarak 2 jam setelah Anda mengonsumsi obat obatan apapun yang sedang rutin Anda konsumsi. Karena beberapa jenis obat bisa menunjukan reaksi negatif saat Anda campurkan dengan buah merah.

Lakukan pengecekan sebelum Anda memulai konsumsi buah merah secara rutin. Kemudian rutinkan pemeriksaan berkala setidaknya 2 minggu sekali untuk memantau kondisi tubuh. Bila Anda rasa kondisi sudah mulai normal, Anda bisa kurangi atau hentikan asupan buah merah.

Bagaimana cara membuat buah merah nyaman Anda konsumsi?

Untuk mendapatkan khasiat buah merah, Anda bisa gunakan cara konsumsi buah merah yang sederhana  berikut ini. Awali dengan menyiapkan buah merah segar yang belum berbau dengan kulit tampak utuh dan segar.

Haluskan buah merah menjadi semacam adonan bubur atau blender kental. Kemudian saring buah merah halus tadi sampai Anda mendapatkan sirup kental dari buah merah. Tambahkan gula, madu atau gula jawa sebagai pemanis makanan. Ini akan membantu Anda merasa nyaman saat mengonsumsi buah merah.

Saran lain untuk dapat mengonsumsi buah merah dengan tepat adalah dengan membeli sari buah merah yang sudah tersedia di pasaran. Biasanya sari  buah merah yang dijual di pasaran memiliki rasa cenderung tawar dan sedikit serupa dengan rasa dari minyak.

Sesuai dengan buah merah yang juga memiliki warna kemerahan yang khas. Buah merah ini memiliki rasa alami sedikit masam dan sedikit manis, namun cenderung tawar. Bila rasa menjadi terlalu manis, asam atau terlalu asin bisa jadi sari buah merah yang Anda pilih adalah palsu.

Ciri sari buah merah yang palsu juga bisa Anda lihat bentuk cairannya. Seharusnya, tidak ada endapan dan tidak beraroma kuat. Karena buah merah sendiri pada dasarnya tidak memiliki aroma.

Itulah gambaran mengenai cara konsumsi buah merah yang tepat dan sehat. Mendapatkan buah merah segar memang akan sulit Anda lakukan. Tetapi bila ingin mengonsumsi produk olahan buah merah sebaiknya pastikan mendapatkan produk yang asli dan aman.

Related Posts