Screenshot 40

cara install windows 10 tanpa kehilangan data

Penginstalan ulang Windows pasti akan menyebabkan hilangnya data pada hard disk komputer Anda seperti yang dijelaskan di halaman ini. Oleh karena itu, penting untuk membuat cadangan file penting Anda terlebih dahulu

Saat proses instal ulang, semua file bisa terpengaruh bahkan terhapus. Keputusan instal ulang yang bagus juga melibatkan menghapus bersih semua file yang ada di harddisk lebih dulu.

Cara install ulang Windows tanpa kehilangan data-data penting dan tidak perlu backup. Mungkin banyak yang berpikir bahwa hal ini tidak bisa dilakukan karena yang namanya install ulang itu memulai atau mereset semuanya dari awal. Namun, hal itu merupakan pemikiran yang salah. Microsoft sudah menyediakan fitur yang namanya “Refresh your PC without affecting your files“. Bahkan dalam hal ini kita tidak perlu masuk ke BIOS terlebih dahulu untuk melakukan konfigurasi dan proses ini biasanya hanya berlangsung sekitar 15-25 menit saja tidak seperti install ulang biasa yang memakan waktu cukup lama. Bagaimana Caranya ?

 

Cara install ulang tanpa menghapus data-data penting dan tidak perlu backup bisa dilakukan dengan cara :

  1. masuk ke menu PC Settings → Update and recovery → Recovery untuk anda pengguna Windows 7 anda bisa masuk langsung ke Control Panel → All control panel items → Recovery
  2. anda bisa klik Get Started pada fitur Refresh / Refresh your PC without affecting your files.
  3. jika yang muncul adalah pesan “Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files.” 
  4. setelah klik Next anda bisa klik Refresh dan tunggu sampai proses selesai.
  5. setelah proses Refresh PC selesai jangan lupa untuk install driver atau perangkat-perangkat menggunakan Driver Pack

Jika selesai coba anda lihat kembali apakah file seperti dokumen, musik, video, dan data-data lainnya hilang ? Kemungkinan yang hilang hanyalah file-file yang bukan bawaan dari Windows itupun jika anda meletakan file-file tersebut pada lokasi C adapun pada hardisk lain kemungkinan tidak akan hilang hanya saja untuk jaga-jaga anda bisa backup seperlunya saja. Namun, tetap saja untuk berkas-berkas projek tidak akan hilang meskipun disimpan pada lokasi C dan anda tidak usah melakukan backup secara keseluruhan tidak seperti install ulang pada umumnya yang memang benar-benar mengembalikan semuanya tanpa ada yang tersisa.

Related Posts