gambar unggulan

Panduan Budidaya Ikan Lele untuk Pemula yang Menjanjikan

Mencari panduan cara budidaya ikan lele yang mudah untuk pemula? Berikut akan kami bagikan cara ternak lele yang tidak hanya mudah untuk Anda coba praktekkan sendiri, tetapi juga ada jaminan keuntungan yang besar. So, simak baik-baik langkahnya ya!

Lele merupakan jenis ikan air tawar yang tidak terlalu banyak tuntutan. Selain mampu mencari makanan sendiri dari tanaman dan dasar kolam, daya tahan ikan lele terhadap penyakit juga relative tinggi. Karena itulah tak sedikit budidaya lele dilakukan secara sambil lalu tanpa perlu menuntut hal yang terlalu menyita perhatian.

budidaya ikan lele

Mungkin dengan modal Rp 2 jutaan saja anda bisa memulai usaha budidaya lele ini. Bahkan jika anda sudah mempunyai kolam, anda hanya tinggal membeli pakan dan bibit ikan lele saja. Untuk harga lele di tingkat pengepul saat ini sudah mencapai angka Rp . 19.000,- /kg . kalau dibandingkan dengan tahun 2012 yang harganya masih diangka Rp. 13.000/kg .

Panduan Budidaya Ikan Lele

Ternak ikan lele pun terbilang mudah, karena pada dasarnya ikan lele lebih mudah berkembang biak dengan baik. Apalagi lele termasuk jenis ikan yang tahan banting dan sangat fleksibel untuk beradaptasi dalam berbagai kondisi lingkungannya.

Menyiapkan Kolam Ikan Lele

Setelah itu, Anda perlu menyediakan kolam untuk budidaya ikan lele. Kolam ini bisa berbentuk tanah, semen, atau pun terpal. Pastikan kolam yang Anda persiapkan memiliki ukuran cukup besar, dengan begitu dapat mengurangi resiko ikan lele mati karena kekurangan oksigen.

Penebaran Bibit Lele

Adapun cara menebar bibit ikan lele yang baik dan benar adalah meletakkan wadah bibit pada kolam kurang lebih selama 15 – 30 menit. Tujuannya, agar bibit ikan tersebut bisa beradaptasi sendiri dan tidak stress. Waktu terbaik untuk penebaran bibit lele, yakni di pagi atau malam hari.

Pakan Ikan Lele

Ikan lele harus diberikan makan secara rutin dan teratur, yakni sebanyak 3 kali sehari di pagi, sore, dan malam hari. Jika Anda mendapati lele yang cukup aktif dan mendorongkan kepalanya, maka Anda bisa memberikan waktu makan tambahan.

Dalam proses budidaya ikn lele, Anda disarankan untuk memilih jenis pakan sentrat 781 – 1. Pakan ikan lele ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan, seperti mineral, vitamin, lemak, protein, dan karbohidrat.

Demikian beberapa panduan budidaya ikan lele untuk pemula yang menjanjikan. Untuk selengkapnya bisa kunjungi ikanfarm.com. Dengan kerja keras yang serius tentunya usaha tak akan mengkhianati hasil bukan?!

Related Posts