Kiat Aman Melakukan Jogging Selama Masa Pandemi

5 Kiat Aman Melakukan Jogging Selama Masa Pandemi

Olahraga merupakan hal penting yang tidak boleh Anda abaikan bila ingin hidup sehat dan bugar selama masa pandemi ini. Meskipun situasi pandemi belum pulih seperti dulu, tetapi Anda tidak boleh hanya berdiam diri di rumah saja. Olahraga tidak hanya menunjang kesehatan, tetapi bisa menekan stress dan efek psikologis selama pandemi belum berakhir. Sesekali melakukan aktivitas olahraga seperti jogging di luar rumah tidak masalah, asal Anda memperhatikan prokes yang ada.

Olahraga jogging tanpa risiko tertular virus corona

Kesehatan merupakan hal vital yang menjadi prioritas selama melakukan WFH sehingga Anda harus tetap menjaga pola hidup sehat. Jika ingin melakukan jogging di luar rumah setidaknya 1-2 kali seminggu, perhatikan beberapa kiat aman melakukan olahraga di luar ruangan berikut :

1. Menjaga jarak aman

Mungkin ada orang lain yang ingin melakukan olahraga yang sama sehingga Anda harus tetap menjaga jarak aman minimal 1 meter. Apalagi Anda yang berencana jogging di tempat umum, pastikan memperhatikan sekitar lebih dahulu, ya!

2. Mempersiapkan perlengkapan diri

Siapkan perlengkapan diri untuk melakukan olahraga mulai pakaian yang tepat, celana olahraga dan pilih sepatu khusus lari. Pemilihan sepatu lari pun harus disesuaikan dengan track, misalnya Anda memakai sepatu running road yang khusus untuk lari di jalanan yang datar atau tidak menanjak. Boleh juga berolahraga sembari mendengarkan musik asal Anda memilih perangkat wireless yang aman.

3. Menjaga protokol kesehatan

Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama melakukan olahraga di luar ruangan seperti memakai masker dan bawa hand sanitizer mini.

4. Memilih rute yang tepat

Rute olahraga yang paling aman dekat kompleks rumah atau taman yang sepi pengunjung wajib Anda perhatikan. Hindari memilih rute yang menjadi jalan raya utama atau ada potensi keramaian sehingga berpeluang menularkan virus corona selama olahraga. Cek rute olahraga sebelumnya agar Anda tidak menyesal dengan situasi dan kondisi yang tidak memadai.

5. Bawa minuman dari rumah

Lari pagi merupakan olahraga yang paling simpel dan mudah dilakukan siapa saja, baik anak-anak hingga lansia. Sebaiknya bawa botol minuman dari rumah dan hindari beristirahat di tempat yang ramai dan rentan menjadi penularan virus Covid-19, ya! Mengajak anak-anak melakukan lari pagi harus tetap memperhatikan prokes ketat agar tidak memiliki risiko penularan virus ini.

Yuk, ajak keluarga Anda tetap melakukan upaya menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga seperti jogging! Pastikan tetap patuh pada protokol selama melakukan olahraga di luar ruangan. Selama PPKM level ini, Anda harus pandai melihat situasi dan kondisi agar bisa melakukan olahraga tanpa risiko terpapar virus. Selama Anda tahu bagaimana cara menjaga diri selama pandemi, sah-sah saja melakukan olahraga di luar ruangan untuk mendapatkan vitamin D alami.

Related Posts