5 Kandungan Gizi Susu yang Penting Untuk Menjaga Kesehatan

5 Kandungan Gizi Susu yang Penting Untuk Menjaga Kesehatan

Daftar isi konten

Kandungan gizi susu yang kaya dengan nutrisi menjadi salah satu faktor mengapa produk ini menjadi asupan tambahan pada segala usia. Tersedia berbagai formulasi yang berbahan dasar susu. Mulai dari balita sampai senja. Inilah yang membuktikan bahwa susu memang kaya dengan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh

Mengenal Kandungan Gizi Susu

Kandungan gizi susu yang mulai dari makro sampai mikro menjadi salah satu faktor pendorong mengapa kemudian produk ini dipilih oleh banyak keluarga untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Terutama untuk balita sampai usia perkembangan anak.

Protein

Protein dalam segelas susu sekitar 7 sampai 8 gram sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal inilah yang menjadikan susu dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein yang sangat baik.

Terdapat dua macam protein yang biasanya ditambahkan kedalam susu yaitu whey dan kasein. Keduanya jelas memiliki fungsi yang berbeda. Kafein berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil,  sementara whey berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan otot tubuh yang mengkonsumsinya.

Serat Makanan

Susu juga mengandung serat makanan, sehingga dapat membantu mengatasi gangguan pada saluran cerna, seperti sembelit atau diare.Selain itu juga serat makanan merupakan sumber bagi bakteri baik sehingga dapat berkembangbiak dengan jumlah yang banyak. Pada akhirnya meningkatkan kualitas saluran cerna.

Kalsium

Pada umumnya dalam satu gelas susu mengandung kalsium sebanyak 270 mg.  Jumlah tersebut membantu tubuh mendapatkan asupan kalsium harian. Dengan demikian tulang akan menjadi padat dan kuat serta giginya tidak akan memudahkan tanggal. Pada masa depannya pun akan terhindar dari kerapuhan tulang.

Fosfor

Fosfor dimanfaatkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.  Selain itu juga memiliki peran dalam menjaga otot dan saraf agar tetap dapat berfungsi baik dalam segala usia.

Mineral ini juga membantu proses pembentukan DNA dan RNA di sel-sel tubuh sehingga tetap dapat melakukan proses regenerasi dengan  dengan optimal. Fungsi lainnya adalah meningkatkan proses metabolisme dengan cara membantu pengubahan lemak, protein, serta karbohidrat menjadi energi yang dibutuhkan.

Kalium

Dalam satu gelas sajian susu setidaknya terdapat 320 mg kalium yang membantu untuk mensuplai kebutuhan hariannya. Mineral ini memiliki peranan penting untuk menjaga jantung agar tetap berdetak dengan irama yang secara teratur.

Kalium juga berfungsi untuk menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang,  menjaga asam dan basa tubuh. Selain itu juga membantu agar kerja saraf dan otot berfungsi secara maksimal.  dengan koordinat gerak aktif  sesuai dengan usianya.

Dengan kandungan gizi susu yang tidak main-main maka  mengkonsumsi segelas susu setiap harinya akan memastikan bahwa seluruh kebutuhan nutrisi anggota keluarga terpenuhi dengan baik. Sehingga pasti kesehatan mereka pun akan terjaga.

Related Posts